RANGKUMAN MODUL 1
WAWASAN SENI
Kegiatan Belajar 1
Hakekat Seni
Istilah seni berasal dari istilah “sani”
dalam bahasa Sansekerta yang berarti pemujaan, pelayanan, donasi. Permintaan
atau pencarian dengan hormat dan jujur (Sugriwa, 1957 : 219-133). Tapi ada juga yang mengatkan seni berasal dari
bahasa Belanda “genie” atau jenius.
Atau
versi yang lain, seni disebut “clipa” yang berarti berwarna (ata sifat)
atau pewarna (kata benda), kemudian berkembang menjadi cilpacastra yang
berarti segala macam kekriyaan (hasil keterampilan tangan) yang artistic
(Soedarso, 1988:16-17). Dalam perkembangan selanjutnya dari asal kata seni
muncul berbagai pengertian seni, yaitu (a) seni sebagai karya seni (work of
art), (b) seni sebagai kemahiran (skill) ,(c) seni sebagai kegiatan manusia
(human activity).
Pengertian seni sebagai benda / karya seni adalah bahwa seni atau keindahan adalah
sesuatu yang menghasilkan kesenangan, tetapi berbeda dengan sekedar rasa
gembira karena mempunyai unsur transendental atau spiritual (pendapat
Joganatha).
Pemahaman seni sebagai kemahiran dimaknai seni
merupakan sebuah kemampuan dalam membuat sesuatu dalam hubungannya dengan upaya
pencapai suatu tujuan yang ditentukan oleh rasio / logika atau gagasan tertentu
(pendapat Aristoteles).
Sementara
itu pengertian seni sebagai kegiatan manusia oleh Leo Tolstoy dikatakan bahwa
seni merupakan kegiatan sadar manusia dengan perantara tanda – tanda lahiriah
tertentu untuk menyampaikan perasaan – perasaan yang telah dihayatinya kepada
orang lain, sehingga mereka kejangkitan perasaan yang sama dan juga
mengalaminya.
Seni
adalah ekspresi jiwa manusia yang tertuang dalam berbagai bentuk karya seni.
Didalam seni terdapat simbol – simbol kehidupan yang memiliki makna mendalam
tentang hakekat hidup. Tari dengan ekspresi gerak, musik dengan bunyi dan suara
manusia, teater dengan ungkapan ekspresi gerak dan vokal, seni rupa dengan
berbagai media visual, semuanya memiliki gaya dan aliran yang beragam,
merupakan ungkapan ekspresi yang didalamnya sarat dengan simbol.
Secara
teori, seni dapat dibagi menjadi dua bagian besar yaitu seni murni dan seni
terapan. Seni murni adalah penciptaan seni yang hanya mempertimbangkan fungsi
atau bentuknya, sedangkan seni terapan adalah penciptaan seni yang dirancang
untuk kepentingan tertentu diluar fungsi sebenarnya.
Menurut
Kihajar Dewantoro, seni merupakan segala perbuatan manusia yang timbul dari
hidup perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakkan jiwa perasaan
manusia. Akhdiat K. Miharja yang mnyebutkan bahwa seni adalah kegiatan rohani
manusia yang merefleksi realitas (kenyataan) dalam suatu karya yang berkat
bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam
alam rohani si penerimanya.
Dalam aktivitas sehari-hari sebenarnya aktivitas
berkesenian selalu dialami manusia. Hanya saja terkadang kita tidak menyadari
atau merasakannya bahwa aktivitasnya merupakan bagian dari ekspresi seni yang
alami.
Kegiatan Belajar 2
Fungsi dan Kedudukan Seni dalam Kehidupan
Masyarakat
A.
FUNGSI DALAM
MASYARAKAT TRADISONAL
Dalam pemahaman umum, seni sering diartikan
sebagai hiburan. Konotasi inilah yang
harus kta perjelas tidak hanya sebagai media hiburan. Seni dalam pemahaman yang
lebbih kompeks. Dapat diartikan sebagai sarana legitimasi, ketika seni itu
berada didalam istana (kraton). Soedarsono mengungkapkan bahwa fungsi seni ada
tiga, yaitu: 1) untuk kepentingan acara spiritual, 2) sebagai hiburan pribadi,
dan 3) sebagai penyajian estetis atau tontonan. Secara umum fungsi kesenian di
dunia ini ada delapan, yaitu:
1. Pemujaan / Ritual
Fungsi
seni untuk pemujaan berlangsung pada masa ketika peradaban manusia masih sangat
terbelakang. Kehidupan kesenian waktu itu belum mengenal adanya instrumen
musik, busana, dan gerak, tata panggung dan lain-lainnya, seperti kesenian pada
masa kini.
Kecenderungan
seni ritual pada masa lalu lebih menekankan pada misi daripada fisik atau
bentuk. Tidak mengherankan kalau bentuk seni ritual untuk pemujaan masih sangat
sederhana, baik dari aspek musik
iringan, busana (kostum) serta rias, gerak, maupun penggunaan dekorasi sebagai
setting pertunjukan.
2. Tuntunan
Fungsi
tuntunan lebih menyentuh pada misi yang secara verbal diungkapkan. Pelaku seni
dalam hal ini lebih dituntut untuk menyampaikan pesan moral yang akan dicapai.
Seorang dalang sebagai contoh, harus mampu memernkan semua tokoh yang ada
didalam kotak wayangnya.
3. Tontonan / Hiburan
Fungsi
seni sebagai tontonan atau hiburan tidak banyak membutuhkan persyaratan. Seni
untuk hiburan tidak terikat pada misi tertentu. Seni yang menghibur adalah seni
yang mampu memberi kesenangan pada seseorang / kelompok orang yang berada di
sekitar pertunjukan.
B.
FUNGSI SENI
DALAM MASYARAKAT MODERN
Fungsi seni
dalam masyarakat modern berkembang sesuai dengan kebutuhan masyrakat modern
yang sangat beragam dan kompleks. Seni secara jelas dapat dijumpai disetiap
elemen dan situasi kehidupan. Mungkin di masa lalu seni juga sudah mengusung
fungsi berikut ini namun tidak tampil secara jelas. Bagaimana fungsinya dalam
masyarakat modern silahkan simak paparan berikut.
1.
Ekspresi / Aktualisasi Diri
Kecenderungan
fungsi pertunjukan untuk ekspresi atau aktualisasi diri ini merupakan
perwujudan dari semboyan seni untuk seni atau I’art pour I’art. Tidak
ada orang yang dapat mengganggu gugat ekspresi seni dalm penampilannya.
Kebebasan disini lebih menekankan pada pencapaian tujuan tertentu yang
diperjuangkan. Contoh seni instalasi, happening art, dan sejenisnya.
2.
Pendidikan
Seni sebaai
media pendidikan merupakan elemen mendasar yang perlu dipahami. Hal ini karena
esensi seni sebenarnya tidak dapat lepas dari muatan edukatif. Dengan lain
perkataan apa yang dituangkan kedalam berbagai cabang seni merupakan sarana
untuk mewujudkan tujuan untuk membentuk budi pekerti seseorang.
3.
Industri
Fungsi seni sebagai industri lebih mengalah
pada tujuan aatau kepentingan tertentu untk mendukung suatu produk tertentu.
Seni untuk industri adalah sesuatu yang mampu memberi daya tarik pada produk
yang ditawarkan.
4.
Seni Terapi
Seni untuk
terapi di gunakan secra husus ntuk memberi ketenangan batin seseorang yang
sedang men derita secra psikis.dengan berolah seni seseorang yan memiliki
permasalahan atau tertekan jiwanya, akan terobati.
5.
Komersial/Instant
Seni ntuk kategori sebagai alat mendatang kan
ke untungan (entertainment) ini bisa di buat menurut keperluan dan keinginan si
penanggap. apapun bentuk dan wujud kesnian itu asal mampu memenuhi keinginan
pembeli tidak yang masalah, walaupun
kadang-kadang harus menimpa pada norna estestis yang berlaku. Seni untuk fungsi
ini terjsdi karena permintaan yang paling banyak. Dunia pariwisata membuka
peluang untuk pengemasan jenis-jenis pertunjukan kemasan.
Kegiatan
Belajar 3
Jenis – jenis
Seni
•
Seni dapat dibedakan menjadi 3 kelompok :
1. Seni pertunjukkan :dapat dikatakan seni sesaat
artinya hasil seni disajikan dan dihayati oleh penonton pada saat bersamaan dan
akan selesai stelah pertunjukkan berakhir.
2. Seni rupa ; merupakan seni yg awet Karena
hasil karya seni rupa dapat disajikan dihadapan penonton dan di hayati
sepanjang masa.
3. Seni sastra : seperti prosa dan
puisi
Pada saat ini seni yang dianut di neger ini adalah “seni
rupa dg gramatikal barat” dikatakan demikian karena materi,tehnik dan mahzab
yang dianutnya adalah mahzab barat yang naturlis-perspektif-momenopname(NPM): “
gambar yang diambil hanya dari satu arah,satu tempat,satu waktu,seperti
memotret sebuah objek pada satu titik waktu,dibekukan/dihentikan sehingga
mejadi still picture dalam sebuah bingkai.
• Tabrani mengatakan bahwa seni lukis yang dimiliki bangsa Indonesia lebih hidup karena memiliki unsure waktu selain unsure ruang dan datar.
• Dalam system RWD bidang datar bermakna tiga:panjang-lebar-waktu
• Secara garis besar seni rupa memiliki 3 cabang yakni:
v Seni lukis,seni patung,seni kriya(sni murni
v Seni terapan meliputi semua desain
.
v Gambar termasuk seni lukis
v Gambar termasuk seni lukis
• JENIS DAN RUANG LINGKUP SENI:
Apresiasi : upaya
untuk pengenalan terhadap objek seni kepada masyarakat luas.
Apresiasi secara pasif : dilakukan
ketika seseorang menyaksikan pertunjukkan atau melihatt pameran tanpa ada
tindakan untuk mengkritik atau menilai pertunjukkan maupun pameran yang
dilihat.
Apresiasi
secara aktif : melibatkan agresian dalam kegiatan tertentu.
Missal : seorang ikut menari.
Missal : seorang ikut menari.
Secara garis
besar wawasan seni berhubungan dengan 3 hal :
1. seni dengan alam
1. seni dengan alam
mengisyaratkan manusia untuk selalu ingat pada alam sebagai
sumber penciptaan seni.
2. seni dengan ekspresi
seni dan ekspresi tidak dapat dipisahkan, keduanya saling
mendukung.
Seni di dalamnya adalah ekspresi sebaliknya
dalam membicrakan ekspresi tidak akan lepas dari cabang seni tertentu.
3. seni dengan lingkungan memberi pesan kepada anak untuk selalu dekat dengan lingkungan sekitarnya.
4 jenis seni :
a.
Tari:
1. Tari tunggal :koreografi yang di
buat atau dirancang untuk di bawakan oleh seorang penari.dipentaskan lebih dari
1 orang penari.
Contoh : tari golek,ponggawa.
Contoh : tari golek,ponggawa.
2. Tari pasangan ( beksan ) :tarian berpasangan
dalam bentuk tari ini bisa memiliki tema bermacam-macam
.
Contoh : tari srikandi mustokoweni
3. Tari kelompok :ini dirancang secara
khusus memang untk dibawakan oleh lebih dari 2 orang penari. Contoh : tari
kelompok bedaya.
b. Seni drama
1. pengertian dramaturgi
dramaturgi : ajaran
tentang masalah,hokum dan konversi drama.
Kata DRAMA berasal dari kata yunani draomai yang berarti berbuat,berlaku,bertindak,dsby. Drama berarti perbuatan atau tindakan.
Kata DRAMA berasal dari kata yunani draomai yang berarti berbuat,berlaku,bertindak,dsby. Drama berarti perbuatan atau tindakan.
Formula dramaturi menganut 4 prinsip
·
Mengkhayalkan:untuk
pertama kali manusia atau pengarang mengkhayalkan kisah yg bersumber dari
inspirasi.
·
Menuliskan : pengarang menyusun kisah yg sama
dg ide yg sama ke dalam tulisan.
• Memainkan : pelaku memainkan kisah yg sama untuk ketiga kalinya.
• Menyaksikan : penonton menyaksikan kisah di atas panggung.
• SEJARAH TEATER INDONESIA
o
Sebelum abad 20 tak ada naskah dan pentas Permulaan abad 20 karena pengaruh drama
barat,tidak menggunakan naskah namun pentas panggungnya berbingkai Pada masa pujangga baru muncul naskah drama
asli yg digunakan pleh pementasan amatir.
Pada msa jepang
sensor sendenbu sangat keras sekali karena mengharuskan penampilan drama
menggunakan naskah. Perkembangan masa kini yg terjadi rombongan professional
membuang kembali naskah Organisasi
amatir tetap setia dg naskah hanya saying sering mengubahkan pengarang,penyadur
atau penyalinnya.
• ISTILAH DRAMA
• ISTILAH DRAMA
Teater
Sebagian orang mengartikan sbg gedung pertunjukkan ada pula yg mengartikan sbg
panggung Secara etimologi ; gedung pertunjukkan.
• Dalam arti luas : segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banya (wayang orang,ketoprak,ludruk,lenong ).
• Dalam arti luas : segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banya (wayang orang,ketoprak,ludruk,lenong ).
Dalam arti sempit : kisah hidup atau kehidupan
manusia yg diceritakan di atas pentas dan di saksikan oleh orang banyak.
Drama/sandiwara/toneel
• Istilah sandiwara diketemukam oleh KGPA Mangunegoro VII sbg pengganti istilah toneel yg dipakai orang belanda Secara khusus drama adalah kualitas komunikasi ,situasi,dan acting.
• Istilah sandiwara diketemukam oleh KGPA Mangunegoro VII sbg pengganti istilah toneel yg dipakai orang belanda Secara khusus drama adalah kualitas komunikasi ,situasi,dan acting.
MUSIK
• Apresiasi musik dpt di definisikan : sbg dicapainya kemampuan untuk mendengarkan musik dg penuh pengertian.
Unsure
seni music :
1.
composer (pabrikan )
2.
pemain
(para pekerja )
3.
pendengar
(consumer )
•Unsur mekanis :
Medium
: segala musik dipergelarkan melalui unsure mekanik atau unsure fisik Publikasi
: langkah penting dalam seluruh kegiatan produksi musik
SOAL SOAL PILIHAN GANDA
1. Patung yang terdapat pada sebuah gapura sebuah rumah kolektor benda benda
antic termasuk karya seni…
a.
Rupa b. antik c. murni d. terapan
2. Yang bukan Salah satu fungsi seni dalam masyarakat tradisional adalah…
a.
Pendidikan b. pemujaan c. tontonan
d. Ritual
3. Fungsi seni dalam masyarakat modern adalah…
a.
Tontonan b. pemujaan
c. Pendidikan d. ritual
4. Jiwa dari seni suatu etnis berakar pada…
a.
Seni kreasinya b. tradisi budayanya
b.
Kemajuan budaya nya d.
pengaruh budaya asing
5. Secara koreografi bentuk tari dapat dikategorikan menjadi tiga bagian
yaitu : …
a.
Tari tunggal, tari pasangan, tari
kelompok
b.
Tari pasangan, tari kreasi, tari
tradisional
c.
Tari tanggai, tari tunggal, tari
kelompok
d.
Tari pasangan, tari acara, tari
tunggal
6. Unsur - unsur seni music meliputi…
a.
Musik dan pemain b. Komposer dan pendengar
b.
Komposer, pemain, pendengar d. pemain dan composer
7. Unsur unsur mekanis dari seni music adalah….
a.
Medium dan publikasi
b.
Medium dan sedang
c.
Publikasi dan acara
d.
Publikasi dan produksi
8. Orkestra merupakan salah satu jenis seni di bidang…
a.
Drama b. suara c. musik d.
lukis
9. Yang termasuk dalam cabang seni dalam bidang sastra adalah…
a.
Cerita dan dongeng b. prosa dan puisi
b.
Puisi dan cerita d. prosa dan lagu
10. Dramaturgi adalah ajaran tentang masalah, hukum dan konvensi drama. Kata
drama berasal dari kata..
a.
Romawi b. yunani c. inggris d.
Italy
SOAL SOAL ESSAY
1.
Sebutkan fungsi seni dalam masyarakat
tradisional ?
2.
Sebutkan pengertian seni sebagai
benda/ karya seni ?
3.
Sebutkan fungsi seni dalam masyarakat
modern ?
4.
Secara garis besar wawasan seni
berhubungan dengan tiga sebutkan?
5.
Sebutkan unsur- unsur seni music ?
KUNCI JAWABAN PILIHAN
GANDA
1. C
2. A
3. A
4. B
5. A
6. B
7. A
8. C
9. B
10. B
KUNCI JAWABAN ESSAY
1. Fungi seni dalam masyarakat tradisional adalah
1. Pemujaan/ ritual
2. Tuntunan
3. Tontonan/ Hiburan
2. Pengertian seni sebagai bena karya seni adalah bahwa seni atau
keindahan adalah sesuatu yang
menghasilkan kesenangan, tetapi berbeda dengan rasa gembira karena mempunyai
unsur trasendental atau spiritual.
3. Fungsi seni pada masyarakat modern
1. Ekpresi/ aktualisasi diri
2. Pendidikan
3. Industri
4. Seni terapi
5.
Komersial/ Instant
Tidak ada komentar:
Posting Komentar