Entri yang Diunggulkan

Komponen-Komponen Kurikulum

Sumber Materi: https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/22/komponen-komponen-kurikulum/   Komponen-Komponen Kurikulum Oleh : Ak...

Selasa, 04 April 2017

WAWASAN PENDIDIKAN SENI



RANGKUMAN MODUL 1

WAWASAN SENI

Kegiatan Belajar 1

Hakekat Seni
                                                                                             
Istilah seni berasal dari istilah “sani” dalam bahasa Sansekerta yang berarti pemujaan, pelayanan, donasi. Permintaan atau pencarian dengan hormat dan jujur (Sugriwa, 1957 : 219-133).  Tapi ada juga yang mengatkan seni berasal dari bahasa Belanda “genie” atau jenius.

 Atau versi yang lain, seni disebut “clipa” yang berarti berwarna (ata sifat) atau pewarna (kata benda), kemudian berkembang menjadi cilpacastra yang berarti segala macam kekriyaan (hasil keterampilan tangan) yang artistic (Soedarso, 1988:16-17). Dalam perkembangan selanjutnya dari asal kata seni muncul berbagai pengertian seni, yaitu (a) seni sebagai karya seni (work of art), (b) seni sebagai kemahiran (skill) ,(c) seni sebagai kegiatan manusia (human activity).

Pengertian seni sebagai benda / karya seni  adalah bahwa seni atau keindahan adalah sesuatu yang menghasilkan kesenangan, tetapi berbeda dengan sekedar rasa gembira karena mempunyai unsur transendental atau spiritual (pendapat Joganatha).

Pemahaman seni sebagai kemahiran dimaknai seni merupakan sebuah kemampuan dalam membuat sesuatu dalam hubungannya dengan upaya pencapai suatu tujuan yang ditentukan oleh rasio / logika atau gagasan tertentu (pendapat Aristoteles).

            Sementara itu pengertian seni sebagai kegiatan manusia oleh Leo Tolstoy dikatakan bahwa seni merupakan kegiatan sadar manusia dengan perantara tanda – tanda lahiriah tertentu untuk menyampaikan perasaan – perasaan yang telah dihayatinya kepada orang lain, sehingga mereka kejangkitan perasaan yang sama dan juga mengalaminya.

            Seni adalah ekspresi jiwa manusia yang tertuang dalam berbagai bentuk karya seni. Didalam seni terdapat simbol – simbol kehidupan yang memiliki makna mendalam tentang hakekat hidup. Tari dengan ekspresi gerak, musik dengan bunyi dan suara manusia, teater dengan ungkapan ekspresi gerak dan vokal, seni rupa dengan berbagai media visual, semuanya memiliki gaya dan aliran yang beragam, merupakan ungkapan ekspresi yang didalamnya sarat dengan simbol.

            Secara teori, seni dapat dibagi menjadi dua bagian besar yaitu seni murni dan seni terapan. Seni murni adalah penciptaan seni yang hanya mempertimbangkan fungsi atau bentuknya, sedangkan seni terapan adalah penciptaan seni yang dirancang untuk kepentingan tertentu diluar fungsi sebenarnya.

            Menurut Kihajar Dewantoro, seni merupakan segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia. Akhdiat K. Miharja yang mnyebutkan bahwa seni adalah kegiatan rohani manusia yang merefleksi realitas (kenyataan) dalam suatu karya yang berkat bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani si penerimanya.

Dalam aktivitas sehari-hari sebenarnya aktivitas berkesenian selalu dialami manusia. Hanya saja terkadang kita tidak menyadari atau merasakannya bahwa aktivitasnya merupakan bagian dari ekspresi seni yang alami.


Kegiatan Belajar 2
Fungsi dan Kedudukan Seni dalam Kehidupan Masyarakat
               A. FUNGSI DALAM MASYARAKAT TRADISONAL
Dalam pemahaman umum, seni sering diartikan sebagai hiburan. Konotasi  inilah yang harus kta perjelas tidak hanya sebagai media hiburan. Seni dalam pemahaman yang lebbih kompeks. Dapat diartikan sebagai sarana legitimasi, ketika seni itu berada didalam istana (kraton). Soedarsono mengungkapkan bahwa fungsi seni ada tiga, yaitu: 1) untuk kepentingan acara spiritual, 2) sebagai hiburan pribadi, dan 3) sebagai penyajian estetis atau tontonan. Secara umum fungsi kesenian di dunia ini ada delapan, yaitu:
1. Pemujaan / Ritual
            Fungsi seni untuk pemujaan berlangsung pada masa ketika peradaban manusia masih sangat terbelakang. Kehidupan kesenian waktu itu belum mengenal adanya instrumen musik, busana, dan gerak, tata panggung dan lain-lainnya, seperti kesenian pada masa kini.
            Kecenderungan seni ritual pada masa lalu lebih menekankan pada misi daripada fisik atau bentuk. Tidak mengherankan kalau bentuk seni ritual untuk pemujaan masih sangat sederhana, baik  dari aspek musik iringan, busana (kostum) serta rias, gerak, maupun penggunaan dekorasi sebagai setting pertunjukan. 
2. Tuntunan
            Fungsi tuntunan lebih menyentuh pada misi yang secara verbal diungkapkan. Pelaku seni dalam hal ini lebih dituntut untuk menyampaikan pesan moral yang akan dicapai. Seorang dalang sebagai contoh, harus mampu memernkan semua tokoh yang ada didalam kotak wayangnya.
3. Tontonan / Hiburan
            Fungsi seni sebagai tontonan atau hiburan tidak banyak membutuhkan persyaratan. Seni untuk hiburan tidak terikat pada misi tertentu. Seni yang menghibur adalah seni yang mampu memberi kesenangan pada seseorang / kelompok orang yang berada di sekitar pertunjukan.
B.                 FUNGSI SENI DALAM MASYARAKAT MODERN
Fungsi seni dalam masyarakat modern berkembang sesuai dengan kebutuhan masyrakat modern yang sangat beragam dan kompleks. Seni secara jelas dapat dijumpai disetiap elemen dan situasi kehidupan. Mungkin di masa lalu seni juga sudah mengusung fungsi berikut ini namun tidak tampil secara jelas. Bagaimana fungsinya dalam masyarakat modern silahkan simak paparan berikut.
                 1.  Ekspresi / Aktualisasi Diri
Kecenderungan fungsi pertunjukan untuk ekspresi atau aktualisasi diri ini merupakan perwujudan dari semboyan seni untuk seni atau I’art pour I’art. Tidak ada orang yang dapat mengganggu gugat ekspresi seni dalm penampilannya. Kebebasan disini lebih menekankan pada pencapaian tujuan tertentu yang diperjuangkan. Contoh seni instalasi, happening art, dan sejenisnya.
2.                  Pendidikan
Seni sebaai media pendidikan merupakan elemen mendasar yang perlu dipahami. Hal ini karena esensi seni sebenarnya tidak dapat lepas dari muatan edukatif. Dengan lain perkataan apa yang dituangkan kedalam berbagai cabang seni merupakan sarana untuk mewujudkan tujuan untuk membentuk budi pekerti seseorang.
3.                  Industri
Fungsi seni sebagai industri lebih mengalah pada tujuan aatau kepentingan tertentu untk mendukung suatu produk tertentu. Seni untuk industri adalah sesuatu yang mampu memberi daya tarik pada produk yang ditawarkan.
4.                  Seni Terapi
Seni untuk terapi di gunakan secra husus ntuk memberi ketenangan batin seseorang yang sedang men derita secra psikis.dengan berolah seni seseorang yan memiliki permasalahan atau tertekan jiwanya, akan terobati.
5.                  Komersial/Instant
Seni ntuk kategori sebagai alat mendatang kan ke untungan (entertainment) ini bisa di buat menurut keperluan dan keinginan si penanggap. apapun bentuk dan wujud kesnian itu asal mampu memenuhi keinginan pembeli tidak yang  masalah, walaupun kadang-kadang harus menimpa pada norna estestis yang berlaku. Seni untuk fungsi ini terjsdi karena permintaan yang paling banyak. Dunia pariwisata membuka peluang untuk pengemasan jenis-jenis pertunjukan kemasan.

Kegiatan Belajar 3
Jenis – jenis Seni
• Seni dapat dibedakan menjadi 3 kelompok :
1.       Seni pertunjukkan :dapat dikatakan seni sesaat artinya hasil seni disajikan dan dihayati oleh penonton pada saat bersamaan dan akan selesai stelah pertunjukkan berakhir.
2.       Seni rupa ; merupakan seni yg awet Karena hasil karya seni rupa dapat disajikan dihadapan penonton dan di hayati sepanjang masa.
3.      Seni sastra : seperti prosa dan puisi
Pada saat ini seni yang dianut di neger ini adalah “seni rupa dg gramatikal barat” dikatakan demikian karena materi,tehnik dan mahzab yang dianutnya adalah mahzab barat yang naturlis-perspektif-momenopname(NPM): “ gambar yang diambil hanya dari satu arah,satu tempat,satu waktu,seperti memotret sebuah objek pada satu titik waktu,dibekukan/dihentikan sehingga mejadi still picture dalam sebuah bingkai.

• Tabrani mengatakan bahwa seni lukis yang dimiliki bangsa Indonesia lebih hidup karena memiliki unsure waktu selain unsure ruang dan datar.
• Dalam system RWD bidang datar bermakna tiga:panjang-lebar-waktu

• Secara garis besar seni rupa memiliki 3 cabang yakni:
v Seni lukis,seni patung,seni kriya(sni murni

v Seni terapan meliputi semua desain
.
v Gambar termasuk seni lukis

• JENIS DAN RUANG LINGKUP SENI:
 Apresiasi : upaya untuk pengenalan terhadap objek seni kepada masyarakat luas.
                 Apresiasi secara pasif : dilakukan ketika seseorang menyaksikan pertunjukkan atau melihatt pameran tanpa ada tindakan untuk mengkritik atau menilai pertunjukkan maupun pameran yang dilihat.
                 Apresiasi secara aktif : melibatkan agresian dalam kegiatan tertentu.
Missal : seorang ikut menari.
      Secara garis besar wawasan seni berhubungan dengan 3 hal :
1. seni dengan alam
mengisyaratkan manusia untuk selalu ingat pada alam sebagai sumber penciptaan seni.

2. seni dengan ekspresi
seni dan ekspresi tidak dapat dipisahkan, keduanya saling mendukung.
     Seni di dalamnya adalah ekspresi sebaliknya dalam membicrakan ekspresi tidak akan lepas dari cabang seni tertentu.



3. seni dengan lingkungan memberi pesan kepada anak untuk selalu dekat dengan lingkungan sekitarnya.
 4 jenis seni :
a.  Tari:
1.      Tari tunggal :koreografi yang di buat atau dirancang untuk di bawakan oleh seorang penari.dipentaskan lebih dari 1 orang penari.
Contoh : tari golek,ponggawa.
2.       Tari pasangan ( beksan ) :tarian berpasangan dalam bentuk tari ini bisa memiliki tema bermacam-macam
.     Contoh : tari srikandi mustokoweni
3.      Tari kelompok :ini dirancang secara khusus memang untk dibawakan oleh lebih dari 2 orang penari. Contoh : tari kelompok bedaya.
b. Seni drama
1.       pengertian dramaturgi
 dramaturgi : ajaran tentang masalah,hokum dan konversi drama.
Kata DRAMA berasal dari kata yunani draomai yang berarti berbuat,berlaku,bertindak,dsby. Drama berarti perbuatan atau tindakan.
Formula dramaturi menganut 4 prinsip
·         Mengkhayalkan:untuk pertama kali manusia atau pengarang mengkhayalkan kisah yg bersumber dari inspirasi.
·          Menuliskan : pengarang menyusun kisah yg sama dg ide yg sama ke dalam tulisan.

• Memainkan : pelaku memainkan kisah yg sama untuk ketiga kalinya.
• Menyaksikan : penonton menyaksikan kisah di atas panggung.

• SEJARAH TEATER INDONESIA
o Sebelum abad 20 tak ada naskah dan pentas  Permulaan abad 20 karena pengaruh drama barat,tidak menggunakan naskah namun pentas panggungnya berbingkai  Pada masa pujangga baru muncul naskah drama asli yg digunakan pleh pementasan amatir.
 Pada msa jepang sensor sendenbu sangat keras sekali karena mengharuskan penampilan drama menggunakan naskah. Perkembangan masa kini yg terjadi rombongan professional membuang kembali naskah  Organisasi amatir tetap setia dg naskah hanya saying sering mengubahkan pengarang,penyadur atau penyalinnya.
• ISTILAH DRAMA
Teater Sebagian orang mengartikan sbg gedung pertunjukkan ada pula yg mengartikan sbg panggung Secara etimologi ; gedung pertunjukkan.
• Dalam arti luas : segala tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banya (wayang orang,ketoprak,ludruk,lenong ).
 Dalam arti sempit : kisah hidup atau kehidupan manusia yg diceritakan di atas pentas dan di saksikan oleh orang banyak.
Drama/sandiwara/toneel
• Istilah sandiwara diketemukam oleh KGPA Mangunegoro VII sbg pengganti istilah toneel yg dipakai orang belanda Secara khusus drama adalah kualitas komunikasi ,situasi,dan acting.

MUSIK
• Apresiasi musik dpt di definisikan : sbg dicapainya kemampuan untuk mendengarkan musik dg penuh pengertian.
Unsure seni music :
1.       composer (pabrikan )
2.      pemain (para pekerja )
3.      pendengar (consumer )
•Unsur mekanis :
Medium : segala musik dipergelarkan melalui unsure mekanik atau unsure fisik Publikasi : langkah penting dalam seluruh kegiatan produksi musik









SOAL SOAL PILIHAN GANDA
1.      Patung yang terdapat pada sebuah gapura sebuah rumah kolektor benda benda antic termasuk karya seni…
a.      Rupa               b. antik              c. murni                     d. terapan
2.      Yang bukan Salah satu fungsi seni dalam masyarakat tradisional adalah…
a.      Pendidikan     b. pemujaan   c. tontonan   d. Ritual
3.      Fungsi seni dalam masyarakat modern adalah…
a.      Tontonan   b. pemujaan  c.  Pendidikan   d. ritual
4.      Jiwa dari seni suatu etnis berakar pada…
a.      Seni kreasinya           b. tradisi budayanya
b.      Kemajuan budaya nya      d.   pengaruh budaya asing
5.      Secara koreografi bentuk tari dapat dikategorikan menjadi tiga bagian yaitu : …
a.      Tari tunggal, tari pasangan, tari kelompok
b.      Tari pasangan, tari kreasi, tari tradisional
c.       Tari tanggai, tari tunggal, tari kelompok
d.      Tari pasangan, tari acara, tari tunggal
6.      Unsur -  unsur seni music meliputi…
a.      Musik dan pemain          b. Komposer dan pendengar
b.      Komposer, pemain, pendengar     d. pemain dan composer

7.      Unsur unsur mekanis dari seni music adalah….
a.      Medium dan publikasi
b.      Medium dan  sedang
c.       Publikasi dan acara
d.      Publikasi dan produksi
8.      Orkestra merupakan salah satu jenis seni di bidang…
a.      Drama       b. suara   c. musik       d.  lukis
9.      Yang termasuk dalam cabang seni dalam bidang sastra adalah…
a.      Cerita dan dongeng        b. prosa dan puisi
b.      Puisi dan cerita                d.  prosa dan lagu
10.  Dramaturgi adalah ajaran tentang masalah, hukum dan konvensi drama. Kata drama berasal dari kata..
a.      Romawi    b. yunani     c. inggris      d.  Italy







SOAL SOAL ESSAY
1.      Sebutkan fungsi seni dalam masyarakat tradisional ?
2.      Sebutkan pengertian seni sebagai benda/ karya seni ?
3.      Sebutkan fungsi seni dalam masyarakat modern ?
4.      Secara garis besar wawasan seni berhubungan dengan tiga sebutkan?
5.      Sebutkan unsur- unsur seni music ?


KUNCI JAWABAN PILIHAN GANDA
1.      C 
2.       A
3.       A 
4.       B
5.        A
6.         B 
7.        A
8.         C 
9.        B
10.     B

KUNCI JAWABAN ESSAY
1.      Fungi seni dalam masyarakat tradisional adalah
1.      Pemujaan/ ritual
2.      Tuntunan
3.      Tontonan/ Hiburan
2.      Pengertian seni sebagai bena karya seni adalah bahwa seni atau keindahan  adalah sesuatu yang menghasilkan kesenangan, tetapi berbeda dengan rasa gembira karena mempunyai unsur trasendental atau spiritual.
3.      Fungsi seni pada masyarakat modern
1.      Ekpresi/ aktualisasi diri
2.      Pendidikan
3.      Industri
4.      Seni terapi
5.      Komersial/ Instant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar